PEMBUATAN
MEDIA PADA TEKHNOLOGI PEMBELAJARAN
Media yang digunakan adalah media
flash card pada mata pelajaran bahasa inggris
Langkah-langkah cara menggunakan media
berdasarkan kawasan teknologi pembelajaran :
1.
Kawasan Desain (merancang)
Pada kawasan ini guru mendesainnya melalui RPP, dimana guru
akan menyajikan medianya sesuai dengan materi pembelajaran dan RPP yang sudah
disusun secara sistematis.
2.
Kawasan Pengembangan
Pada kawasan pengembangan ini adalah keahlian guru dalam
menggunakan media yang digunakan, seperti pada RPP diatas maka guru menggunakan
media flash card dengan ,memanfaatkan karton,spidol,atau gambar-gambar yang
mendukung pada materi pembelajaran.
3.
Kawasan Pemanfaatan
Pada kawasan pemanfaatan ini guru harus bisa menggunakan
media yang sudah direncanakan pada RPP. Pada RPP ini guru menampilkan medianya
yaitu media flash card , yang sesuai dengan materi pembelajarannya.
4.
Kawasan Pengelolaan
Pada kawasan ini guru dapat mengelola media yang sudah ada.
Pada RPP ini guru menampilkan medianya pada kegiatan inti (eksplorasi), dengan
menampilkan media flash card yang disertai gambar yang unik,lucu,berwarna,
untuk menarik perhatian siswa, dan untuk memotivasi siswa untuk belajar.
5.
Evaluasi
Evaluasi adalah kegiatan akhir yang dilakukan oleh guru
setelah menyampaikan kegiatan pembelajaran yang telah tersusun di RPP secara
sistematis dan menggunakan media lash
card Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa sudah mencapai tujuan
pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan.
FLASH
CARD DAN PENGGUNAANNYA
Flashcard adalah media pembelajarn
dalam bentuk kartu bergambar yang berukuran 25×30 cm.
Kelebihan flashcard :
- Mudah dibawa-bawa
- Praktis
- Gampang diingat
- Menyenangkan
Cara pembuatan flash card :
- Siapkan kertas tebal
- Tandai kertas sehingga kertas berukuran 25×30 cm
- Potong kertas
- Tempelkan atau buat objek dikertas tersebut
- Beri tulisan
Persiapan penggunaan :
- Mempersiapkan diri
- Mempersiapan flashcard
- Mempersiapkan tempat
- Mempersiapkan siswa
Cara penggunaan :
- Kartu yang telah disusun pegang setinggi dada dan dihadapkan ke siswa
- Cabut satu persatu kartu tersebut dan bacakan tilasn yanga da pada flash card
- Meminta siswa mamperhatikan dan mengikuti cara membaca kartu yang telah diterangkan kepada siswa oleh guru
- Guru mengulang membaca flash card dari awal hingga akhir sampai siswa paham dengan materi yang disampaikan melalui media flash card.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar